Theories of Information Behavior

image

Pada abad ke 21, informasi telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di seluruh dunia. Tiada hari dilewatkan tanpa mengonsumsi informasi yang disediakan oleh berbagai platform media, baik cetak ataupun elektronik. Kondisi demikian, disebabkan karena kebutuhan informasi dari masing-masing individu yang tidak terbatas dan produksi informasi di lingkungan masyarakat yang terus-menerus meningkat setiap waktu. Aktivitas mengonsumsi informasi tersebut, disadari ataupun tidak, telah mempengaruhi perilaku masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan informasi mereka. Fenomena yang terjadi dalam masyarakat ini, dinilai unik dan menarik untuk diteliti, sehingga mendorong beberapa peneliti untuk mengidentifikasi dan menganalisa secara mendalam perilaku infromasi masyarakat yang nantinya dapat menghasilkan sebuah teori besar tentang perilaku informasi.

Seiring dengan perkembangan studi terkait perilaku informasi, saat ini telah banyak dipublikasikan penelitian-penelitian bertema perilaku informasi dengan berbagai penemuan unik dan berbeda dari penelitian sebelumnya. Salah satu bukti berkembangnya kajian perilaku informasi adalah terbitnya buku berjudul Theories of Information Behavioryang merupakan hasil dari information behavior community yang diedit oleh Karen E. Fisher, Sanda Erdelez dan Lynne (E.F.) McKechnie

Buku yang diterbitkan tahun 2006 ini berisi puluhan kerangka konseptual dan teori tentang perilaku informasi yang dihasilkan oleh peneliti-peneliti handal dari berbagai negara seperti Australia, Canada, Denmark, England, Finland, Ireland, Japan, Sweden, Taiwan, dan United State. Kerangka konseptual dan teori yang ada di buku ini diulas dengan jelas serta mudah dipahami. Salah seorang pemerhati yang berasal dari School of Communication, Information and Library Studies, Rutgers University bernama Tefko Saracevic mengatakan buku ini lebih dari sekedar panduan penelitian. Saracevic menilai buku Theories of Information Behaviorseperti sebuah ensiklopedi teori yang berisi filosofi dan sangat mengagumi khazanah ilmu pengetahuan yang terkandung di dalamnya.

Buku ini dapat dijadikan panduan oleh para peneliti lainnya yang tertarik untuk mengembangkan studi tentang perilaku informasi. Selain itu, informasi yang disediakan dalam buku ini juga sangat berguna untuk kalangan akademisi, khususnya jurusan ilmu informasi dan perpustakaan (IIP) serta masyarakat umum yang ingin mempelajari dan menambah pengetahun tentang kajian perilaku informasi.Sebagai tambahan informasi, untuk mendapatkan buku terbitan Information Today ini cukuplah mudah, salah satunya dengan pembelian melalui toko-toko buku online dan juga dapat mendownload versi elektroniknya. Selamat membaca! (npu).