Profil

image

Pada dasarnya Pendidikan Ilmu informasi dan Perpustakaan bertujuan dalam mewujudkan kompetensi lulusan yang berkualitas serta profesional,  sesuai dengan kemajuan dan tuntutan masyarakat di era post-industrial.

Sejak didirikan pada tahun 2003 berdasarkan SK Dikti 1185/B/T/2003 adendum SK Rektor Unair No.4311/JO3/OT/2008,  Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan selalu melakukan peninjauan kurikulum, untuk menjawab tantangan akan perkembangan masyarakat. Perubahan kurikulum secara mendasar telah dilakukan pada tahun 2009. Lima (5) tahun telah berjalan, tentunya kurikulum program studi perlu penyesuaian lagi dengan semua tuntutan dan perkembangan jaman.

Program Studi telah secara rutin, terus  mengikuti perkembangan keilmuan di bidang Ilmu Informasi, Kearsipan dan Perpustakaan, juga semua aspek terkait dengan perkembangan ICT dan masyarakat di era post- industrial. Untuk mewujudkan kurikulum yang mampu menghasilkan lulusan yang siap mengisi kebutuhan pasar kerja, setiap tahun juga dilakukan survey terhadap stake holder, untuk mengetahui semua kekuatan dan kelemahan baik hard skill maupun soft skill dari lulusan. Penyusunan  kurikulum  tahun 2014 ini juga berdasarkan PP No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi (KKNI) dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  No 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (penerapan KKNI).

Berdasarkan semua kajian di atas, kurikulum tahun 2014, telah mengembangkan beberapa mata ajar baru, terutama tentang Kearsipan,  merubah beberapa bobot kode mata ajar, lebih tinggi ataupun lebih rendah, disesuaikan dengan semua perkembangan juga kebutuhan yang ada. Selain itu , dilakukan juga penghapusan beberapa mata ajar, yang dirasa kurang relevan lagi saat sekarang ini. Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan tahun 2014, yang terdapat  dalam Pedoman Pendidikan ini diharapkan mampu beradaptasi dan menjawab semua tantangan perkembangan masyarakat saat ini.