Staf Pengajar

Dr. Rahma Sugihartati, Dra., M. Si.

Mulai bergabung di Departemen Informasi dan Perpustakaan pada tahun 1992 setelah menyelesaikan studi di S1 Sosiologi FISIP Universitas Airlangga. Kemudian melanjutkan studi S2 Ilmu Pengembangan Sumber Daya Manusia FISIP Universitas Airlangga dan pada tahun 2016 telah menyelesaikan studi S3 Ilmu-ilmu Sosial di Universitas Airlangga. Beliau juga telah menulis beberapa buku mengenai permasalan minat baca dan masyarakat informasi. Mata kuliah yang diampu sesuai dengan bidang keahlian yang beliau tekuni yakni perilaku informasi, masalah minat baca, informasi dan masyarakat serta informasi dan kebudayaan.

Drs. Koko Srimulyo, M.Si.

Pada tahun 1989 lulus S1 Administrasi Negara FISIP Universitas Airlangga, kemudian memperoleh gelar Magister Manajemen di bidang Ilmu Manajemen pada Fakultas Ilmu Ekonomi tahun 2000. Pernah menjadi kepala perpustakaan Universitas Airlangga dan saat ini diamanati menjadi sekertaris universitas. Selain itu, sejak tahun 2016 beliau melanjutkan studi S3 Ilmu-ilmu Sosial di Universitas Airlangga. Adapun bidang keahlian yang diminati yakni mencakup persoalan manajemen perpustakaan.

Dra. Endang Gunarti, M.I.Kom.

Pada tahun 1988 telah menyelesaikan studi S1 Sosiologi FISIP Universitas Airlangga, kemudian melanjutkan studi S2 pada Ilmu Perpustakaan Universitas Padjajaran Bandung. Mulai bergabung menjadi staf pengajar di Departemen Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga pada tahun 1990. Saat ini beliau tengah melanjutkan studi S3 Ilmu-ilmu Sosial Universitas Airlangga. Bidang keahlian yang dimintai antara lain katalogisasi, klasifikasi, bibliometrika, dan literasi informasi.

Dr. Tri Susantari, Dra., M.Si.

Lulusan S1 Sosiologi pada FISIP Universitas Airlangga ini menyelesaikan studi S2 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia tahun 1994. Pada tahun 2016 memperoleh gelar doktor di bidang Ilmu-ilmu Sosial FISIP Universitas Airlangga. Mulai bergabung menjadi staf pengajar di Departemen Informasi dan Perpustakaan sejak tahun 1982. Beliau juga aktif di kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah terutama terkait dengan pemberdayaan wanita. Bidang keahlian yang diminati antara lain organisasi informasi dan pengembangan koleksi.

Helmy Prasetyo, S.Sos., M.KP.

Alumnus S1 program studi Sosiologi mulai bergabung di Departemen Informasi dan Perpustakaan pada tahun 2003. Kemudian melanjutkan studi S2 Kebijakan Publik FISIP Universitas Airlangga. Saat ini sedang menjabat sebagai Sekertaris Departemen. Mata kuliah yang diampu yakni kebijakan infomasi.

Fitri Mutia, A.KS., M.Si.

Lulus dari S1 STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Bandung pada tahun 1998, kemudian melanjutkan pendidikan S2 Sosiologi dengan minat studi Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia. Saat ini tengah menempuh studi S3 Ilmu-ilmu Sosial di FISIP Universitas Airlangga. Bergabung di Departemen Informasi dan Perpustakaan sejak tahun 2008. Bidang keahlian yang diminati yakni terkait informasi dan kelompok khusus.

Yunus Abdul Halim, S.Si., M.Kom.

Alumnus tahun 1997 S1 MIPA Universitas Brawijaya ini menyelesaikan studi S2-nya pada tahun 2006 di bidang Teknik Infromatika ITS Surabaya. Bergabung menjadi staf pengajar Departemen Informasi dan Perpustakaan pada tahun 2008. Saat ini beliau sedang menjabat sebagai kepala Arsip Universitas Airlangga. Mata kuliah yang diampu sesuai dengan bidang keahlian yang diminati yakni terkait teknologi informasi.

Hendro Margono, S.Sos., M.Sc.

Alumnus D3 Teknisi Perpustakaan tahun 2003, dan bergabung di Departemen Informasi dan Perpustakaan sejak tahun 2009. Telah menyelesaikan S2 Ilmu Komputer di Victoria University Australia pada tahun 2009. Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Victoria University. Bidang kehlian yang diminati yakni teknologi informasi.

Imam Yuadi, S.Sos., M.MT.

Sejak tahun 1999 telah bergabung menjadi staf pengajar di FISIP Universitas Airlangga. Alumnus terbaik tahun 1996 D3 Teknisi Perpustakaan ini melanjutkan program S1 di Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Padjajaran Bandung dan berhasil menyelesaikan pad atahun 1999. Kemudian melanjutkan studi S2 di program Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya pad atahun 2009. Saat ini sedang mengambil studi S3 Manajemen Informasi di National Chiao Tung University, Taiwan.

Ragil Tri Atmi, S.IIP., M.A.

Lulusan S1 Ilmu Informasi dan Perpustakan UNAIR dan S2 di Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM ini telah bergabung di IIP secara resmi sejak 1 April 2015. Beliau tertarik pada fokus kajian manajemen perpustakaan. Kesibukan lain yang berkaitan dengan karir sebagai dosen adalah sedang berusaha untuk melanjutkan S3 di luar negeri.

Meinia Prayesti Kurniasari, S.IIP., M.A.

Merupakan alumnus S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga tahun 2010 kemudian melanjutkan studi S2 di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada program Ilmu Perpustakaan dan berhasil menyelesaikan pada tahun 2015. Mulai bergabung di Departemen Informasi dan Perpustakaan sejak tahun 2016. Bidang keahlian yang diminati yakni Jejaring Informasi Perpustakaan.